- Sejak 2001 sampai saat ini -

Pengorganisasian Masyarakat

Diskusi Kampung

Dengan diskusi kampung Japesda meningkatkan kemandirian masyarakat untuk menganlisa situasi baik potensi maupun permasalahan yang dihadapi. Dan mengembangkan atau mengatur, mengelola sumber daya alam yang dimiliki.  

Pemetaan Partisipatif

Melalui pemetaan partisipatif masyarakat sebagai pelaku utama dalam memetakan wilayahnya sendiri dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hak-hak mereka atas tanah dan sumber daya alam.

Survey dan Penelitian

Japesda melibatkan peneliti ataupun akademisi dari perguruan tinggi di Gorontalo untuk bekerjasama melakukan penelitian ataupun survey potensi sumber daya alam dan ancaman kerusakan lingkungan. Penelitian atau survey dimaksudakan sebagai sumber data yang benar-benar akurat untuk pengambilan keputusan dalam pengelolaan lingkungan. 

Pertemuan Parapihak

Japesda memfasilitasi masyarakat dalam pertemuan parapihak seperti pada lokakarya atau workshop untuk merumuskan rencana bersama dalam mengelola sumber daya alam yang berbasiskan data survey atau penelitian yang benar-benar akurat. 


Kegiatan Konservasi bersama komunitas

Bersama komunitas yang ada di Gorontalo, Japesda membahas persoalan-persoalan lingkungan untuk disajikan dalam ruang publik. 


Kegiatan bersama komunitas tidak hanya menjadi wacana saja tapi menjadi tindakan aksi bersama membangun kesadaran melalui kegiatan penanaman pohon bersama pihak-pihak terkait juga kelompok-kelompok pecinta alam dan mahasiswa pecinta alam yang dilakukan paling tidak setiap tahun sekali.

Ekologi Wisata Torosiaje


Japesda bekerjasama dengan ojek perahu dan homestay masyarakat Bajau menerima paket ekologi wisata di perkampungan Bajau Torosiaje yang tinggal di atas air Teluk Tomini

Hello.

Kami juga membuka lapak kuliner pangan lokal komunitas desa dampingan. Berupa stik mangrove, abon ikan asin, sambal ikan roa, kripik singkong, pia cokelat, Virgin Coconut Oil (VCO) dan masih banyak lagi.