WCD 2020: Japesda Bersama Masyarakat Sisir Sampah di Pantai Bangga

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Japesda – Momentum World Cleanup Day (WCD) 2020, kali ini, Jaring Advokasi Pengelolaan Sumberdaya Alam (Japesda) bersama masyarakat melakukan bersih-bersih pantai di Desa Bangga, Kecamatan Paguyaman Pantai, Kabupaten Boalemo, Sabtu (19/9/2020).

World Cleanup Day adalah aksi bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari secara serentak di seluruh dunia dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku, dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah dan meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sampah, serta memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan bumi.

Masyarakat Desa Bangga sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Hal itu terlihat dari banyaknya warga yang secara sukarela terlibat memungut sampah. Tak hanya itu, pemerintah desa Bangga juga sangat aktif mendukung dan turun langsung mengikuti aksi ini.

Selain aksi bersih-bersih, Japesda juga mengajak masyarakat untuk menanam pohon-pohon buah seperti jambu mente, mahoni, sirsak dan pucuk merah.

Direktur Japesda, Nurain Lapolo, mengapresiasi semangat masyarakat desa Bangga yang mau terlibat langsung dalam membersihkan lingkungan mereka sendiri. Menurutnya, itu adalah tujuan besar kegiatan ini.

“Kami juga mengajak teman-teman semua untuk melakukan kegiatan yang sama, dari tempat tinggal masing-masing, guna menjaga lingkungan terutama mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan oleh kita sendiri,” jelasnya.

Gerakan semacam ini, kata Ain, harus diperluas dan akan lebih baik jika melibatkan banyak komunitas: bergerak bersama menjaga lingkungan agar terhindar dari bencana alam dan bencana sosial seperti Covid-19 yang hingga saat ini belum berakhir.

“Yang lebih penting lagi, aksi peduli lingkungan tidak cukup hanya digaungkan pada momentum tertentu. Hal ini harus terus dikampanyekan dan disosialisasikan kepada masyarakat.” ***